
السُّبُل الثَّلاث
لتحصيلِ العلمِ الشرعي (القراءة – الحفظ – الاستماع) للشَّيخ خالد بن ضحوي الظفيري
حفظه الله
3 CARA YANG HARUS
DITEMPUH UNTUK MEMPEROLEH ILMU
oleh: Syaikh Khalid
bin Dhohwy azh-Zhafiri
التَّفريغ: فعلى طالِبِ
العلم أنْ يجمعَ بين الأمريْن، بل يجمع بين ثلاثةِ أُمور وهي السُّبل لتحصيل
العلم، والثلاثةُ أُمور هي: القراءة، والحفظ، والاستِماع.
Transkrip:
Wajib atas penuntut ilmu untuk mengumpulkan 2 perkara, bahkan hingga 3 perkara, yang merupakan jalan untuk memperoleh ilmu. Tiga perkara itu adalah: MEMBACA, MENGHAFAL, dan MENYIMAK.
Wajib atas penuntut ilmu untuk mengumpulkan 2 perkara, bahkan hingga 3 perkara, yang merupakan jalan untuk memperoleh ilmu. Tiga perkara itu adalah: MEMBACA, MENGHAFAL, dan MENYIMAK.
1- القراءة
القراءة: فيكُون له نصيبٍ مِن قراءة الكُتب، وتلخيصها، ودراستِها،
القراءة: فيكُون له نصيبٍ مِن قراءة الكُتب، وتلخيصها، ودراستِها،
1. Membaca
yaitu hendaknya bagi seorang penuntut ilmu untuk ambil bagian dari membaca kitab2, merangkumnya, dan mempelajarinya.
yaitu hendaknya bagi seorang penuntut ilmu untuk ambil bagian dari membaca kitab2, merangkumnya, dan mempelajarinya.
لا بُدَّ أنْ يكون
لطالبِ العلم وِردٌ يوميٌّ في القراءة، ويختار ما يُناسبه، ويُناسبُ مُستواه
العلميِّ،
Seharusnya seorang
penuntut ilmu mempunyai jadwal harian untuk membaca kitab, dan ia pilih darinya
pelajaran yang cocok dan sesuai dengan tingkat keilmuannya.
فلا ينتقل إلى أرفع مِن
مُستواه فتحدُثُ عنده الإشكالات على ما سيأتي بيانه إنْ شاء الله، فأوَّلا
القراءة.
Lalu janganlah ia berpindah kepada pelajaran yang lebih tinggi tingkatnya, sehingga akan muncul padanya berbagai kesulitan pada perkara yang akan datang penjelasannya insyaAllah. Maka jalan yang pertama adalah membaca.
2- الحفظ وكذلك لا
بُدَّ أنْ يكون له نصيب مِن الحفظ:
2. Menghafal
Demikian pula wajib baginya untuk ambil bagian dari menghafal.
Demikian pula wajib baginya untuk ambil bagian dari menghafal.
وأوَّله كتاب الله
سُبحانه وتعالى، لا بُدَّ لطالب العلم أنْ يجتهد في حفظ كلام الله عزَّ وجلَّ،
dan yang paling awal
dihafal adalah Kitabullah subhanahu wa ta’ala. Semestinya bagi penuntut ilmu
untuk berusaha keras dalam menghafal Kalamullah azza wa jalla.
وأنْ يكون له صِلةٌ مع
القُرآن، ووِردٌ مع كتاب الله عزَّ وجلَّ حتَّى لا يدخُل في قول الله عزَّ وجلَّ:
“وَقَالَ الرَّسُول يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآن
مَهْجُورًا“[الفرقان: 30]،
Hendaknya ia punya
hubungan yang erat dengan al-Qur’an, serta berwirid/berdzikir dengan Kitabullah
azza wa jalla, sehingga ia tidak termasuk ke dalam firman Allah azza wa jalla:
{dan berkata ar-Rasul: wahai Rabbku sungguh kaumku menjadikan al-Qur’an ini sebagai sesuatu yang dijauhi}[al furqon: 30]
{dan berkata ar-Rasul: wahai Rabbku sungguh kaumku menjadikan al-Qur’an ini sebagai sesuatu yang dijauhi}[al furqon: 30]
وكذلك يحفظ ما يتيسَّر
مِن المتون على التَّدرُّج في الفنون.
Demikian pula
hendaknya ia menghafal matan-matan yang mudah baginya, dengan bertahap sesuai
pada bidangnya.
3- الاستماع وكذلك
الأمر الثَّالث: وهو الاستِماع،
3. Menyimak
Perkara yang ketiga adalah menyimak (dari seorang guru).
Perkara yang ketiga adalah menyimak (dari seorang guru).
لا يكُن شيخك فقط
الكتاب، وهذا واقعٌ مُشاهَدٌ، نجدُ كثيرًا مِمَّن كان عصامِيَّا ـ كما يُقال ـ لا
يحرص على حُضور دُروس أهل العلم، ولا ثَنْيِ الرُّكب عندهم، ولا التَّعلُّم مِن
شيوخ السُّنَّة؛
Janganlah ia
menjadikan kitab itu sebagai gurunya, dan hal ini benar terjadi dan bisa
disaksikan. Kami dapati banyak dari kalangan “‘ishomiyyan”[1] -sebagaimana yang
dikatakan demikian-, mereka tidak semangat untuk menghadiri pelajaran para ahli
ilmu, tidak pula bersimpuh di sisi mereka, serta tidak belajar dari masyaikh
sunnah.
تجده في نهاية الأمر
تحدثُ عنده الضَّلالات والبدع والانحرافات وهو لا يشعر، ويظنُّها حقًّا.
Engkau akan dapati
pada akhirnya akan terjadi kesesatan, bid’ah, dan penyimpangan di sisinya
sedangkan ia tidak menyadari, bahkan menganggapnya sebagai kebenaran.
فهذا هو الأصل، لذلك
جاء عن مالك رحمه الله تعالى أنَّه قال: “لا يُؤخذ العلم مِن ثلاث“،
Maka ini adalah
pondasinya. Oleh karena itu datang sebuah riwayat dari Malik rahimahullah bahwa
beliau berkata: “tidaklah diambil ilmu dari 3 jenis orang”.
وذكر مِنهم قال: “ومَن
لم يُعرف بالرِّحلة في طلب الحديث“.
Beliau sebutkan
diantaranya: “seorang yang tidak dikenal dengan rihlah untuk mencari hadits”.
ـ ما معنى الرِّحلة في
طلب الحديث؟
Apa yang dimaksud
rihlah mencari hadits?
معناها لِقاءُ أهل
العلم، والدِّراسة عليهم.
Maknanya adalah
bertemu dengan ulama’ dan belajar dari mereka.
وهذا الأمر يا إخوة
مثلُ ما قُلنا تيسَّر في زماننا هذا أكثر مِمَّا هو مُتيسِّرٌ فيما مضى،
Perkara ini yaa
ikhwah, sebagaimana yang kita sebutkan (rihlah menuntut ilmu) telah dimudahkan
di zaman kita, hal ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan zaman dahulu.
الإمام أحمد رحمه الله
تعالى كما هو معلومٌ أنَّه مِن أهل بغداد مِن العراق،
Imam Ahmad rahimahullah
sebagaimana yang telah diketahui, bahwa beliau berasal dari Baghdad di negeri
Irak.
رحل إلى الفضل بن
دُكيْن في اليمن ومعه يحيى بن معين،
Beliau rihlah menuntut
ilmu kepada al-Fadhl bin Dukain di Yaman dan beliau saat itu bersama Yahya bin
Ma’in.
فرحلُوا وكان الموسم
موسم حجٍّ، فقالوا نذهب إلى الحرميْن فنحُجُّ، ونلتقي بعُلماء الحرم، ثُمَّ نرحل
إلى اليمن.
Maka mereka pun
berangkat rihlah, dan pada saat itu merupakan musim haji, maka mereka berkata:
kami akan pergi ke Haramain untuk berhaji dan bertemu dengan para ulama’ di
negeri haram terlebih dahulu. Kemudian barulah kami rihlah ke yaman.
انظر إلى الرِّحلة!
طويلةٍ، يجلِسون أشهر، بل يتجاوزون السَّنة، رحلوا إلى اليمن،
Lihatlah kepada rihlah
yang panjang ini..!, mereka tinggal beberapa bulan (di haramain) bahkan lebih
dari setahun, lalu barulah mereka berangkat ke yaman.
فيسَّر اللهُ عزَّ
وجلَّ لهم الفضل حاجًّا تلك السَّنة،
Tetapi Allah azza wa
jalla mudahkan mereka untuk bertemu dengan al-Fadhl tatkala beliau sedang
berhaji pula pada tahun tersebut.
فقال يحيى: يسَّر اللهُ
عزَّ وجلَّ عنَّا تلك الرِّحلة، فنأخذ العلمَ مِنه هُنا،
Maka Yahya bin Ma’in
berkata: Allah telah mudahkan rihlah kita ini, sehingga kita dapat menimba ilmu
kepada beliau (al Fadhl) di sini (makkah).
قال الإمام أحمد ـ وهذه
الهِمَّة والعزيمة على الرِّحلة ـ، قال: “لا أقطع نيَّة نويتُها لله، بل نرحلُ إلى
اليمن معه”،
Imam Ahmad berkata
-dan ini merupakan bentuk semangat yang kuat dari beliau untuk rihlah- : aku
tidak akan memutus niatan yang telah kita niatkan untuk Allah, bahkan kita
tetap akan rihlah ke yaman bersama beliau.
فرحلُوا إلى اليمن معه
رحمه الله.
Maka mereka berangkat
rihlah ke yaman bersama beliau (al-Fadhl) rahimahullah.
والأمثلة على ذلك
كثيرة،
Contoh-contoh yang
demikian sudah banyak.
في عصرنا هذا الإذاعات،
العُلماء موجودون تسمع لهم إنْ لم يتيسَّر لك،
Pada masa kita
sekarang sudah ada radio, para ulama masih ada dan engkau tetap bisa mendengar
mereka jika tidak dimudahkan bagimu (untuk rihlah).
مع الحرص الشَّديد
لطالب العلم على لقاء أهل العلم، خُصوصًا مع قِلَّتهم في هذا الزَّمان الَّذين
عُرِفوا بالعقيدة الصَّافية والمنهج السَّلفيِّ، فتحرص على لِقائهم،
Bersamaan dengan
semangatmu yang kuat untuk menuntut ilmu dengan cara menjumpai ahli ilmu, terkhusus
di samping itu karena sedikitnya jumlah mereka yang dikenal dengan aqidah yang
bersih dan bermanhaj salafi di zaman ini, maka bersemangatlah untuk mendatangi
mereka, serta rihlah kepada mereka.
والرِّحلة لهم، إنْ لم
يتيسَّر ذلك فإذاعات أهل السُّنَّة وأشرطتهم مُتيسِّرة، تسمع، وتقرأ لكُتبهم،
وشُروحهم، أنْ يكون لك ارتِباط بأهل العلم.
Jika tidak dimudahkan
untuk rihlah, maka sekarang pelbagai radio ahlus sunnah beserta rekaman2nya
mudah didapati, maka dengarkanlah (darinya), dan bacalah kitab2 mereka beserta
penjelasan2 mereka. Agar engkau memiliki ikatan dengan para ahlul ilmi.
فإذًا الاعتِماد على
الكُتب دون الرُّجوع إلى أهل العلم مِن العوائق الَّتي لا تجعل طالبَ العلم يصِلُ
إلى مرتبة العُلماء،
Sehingga
(kesimpulannya) hanya berpegang pada kitab-kitab tanpa rujuk kepada ahlul ilmi
termasuk dari penghalang2, yang tidak akan membuat seorang penuntut ilmu sampai
pada tingkatan ulama’.
يقول سُليمان بن موسى
الفقيه رحمه اللهُ تعالى: “كانوا يقولون لا تأخذ القُرآن عن المُصحَفيِّين، ولا
العلم عن الصُّحُفيِّين“.
Berkata Sulaiman bin
Musa al Faqih rahimahullah: “Dahulu mereka berkata: tidaklah diambil al Qur’an
dari Mushhafiyyin dan tidak pula dari Shuhufiyyin”.
وأيضًا قالوا: “لا
يُؤخذ القُرآن عن مُصحَفيِّ، ولا العلم عن صُحُفيٍّ“.
Mereka juga
mengatakan: “tidaklah diambil al Qur’an dari Mushhafiy dan tidak pula dari
Shuhufiy”.
المُصحَفيُّ: معناه
الَّذي تعلَّم القُرآن دون الرُّجوع إلى القُرَّاء، والاستِماع لهم،
Mushhafiy : maknanya
adalah orang2 yang mempelajari al Qur’an tanpa rujuk kepada ahli qira’ah dan
tanpa mendengar langsung dari mereka.
فهذا تجد عنده أخطاءً
في القِراءة الَّذي تعلَّم القِراءة مِن المُصحف.
Maka orang yang
demikian akan engkau dapati di sisinya berbagai kesalahan di dalam qira’ah
(bacaannya) karena ia mempelajari qira’ah hanya dari Mushhaf saja.
وكذلك الَّذي تعلَّم
العلم مِن الصُّحفي، الصُّحف المقصود بها الأوراق يعني الكُتب، دون الرُّجوع إلى
العُلماء.
Demikian pula orang
yang mempelajari ilmu dari Shuhufiy, ash Shuhuf yang dimaksud adalah belajar
dari lembaran2, yaitu dari buku2, tanpa merujuk kepada ulama’.
فهؤلاء لا يُؤخذ العلم
عنهم، فينبغي على طالب العلم أنْ يحرص على هذا الباب.
Maka mereka ini
tidaklah diambil ilmunya. Sehingga wajib bagi penuntut ilmu untuk bersemangat
di dalam perkara ini (merujuk kepada ulama’).
المصدر: المقطع مستل من
محاضرة الشيخ بعنوان: عوائق في طريق طلب العلم الشرعي ضمن الدورة العلمية السلفية
الخامسة
Sumber: potongan
rekaman dari Muhadharah dengan judul: “Penghalang-penghalang di Jalan Menuntut
Ilmu Syar’i”, dalam rangkaian acara Daurah Ilmiyyah Salafiyah yang ke-5.
——————
[1] “Ishomiyyun” : orang yang memperoleh kedudukan yang tinggi karena usaha yang ia kerjakan sendiri. Lihat kamus al-Munawwir.
[1] “Ishomiyyun” : orang yang memperoleh kedudukan yang tinggi karena usaha yang ia kerjakan sendiri. Lihat kamus al-Munawwir.